Enter your keyword

post

UNMUH Babel Terus Cetak Sarjana Berilmu Amaliah dan Beramal Ilmiah

Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Bangka Belitung, sukses menyelenggarakan Rapat Senat Terbuka Dengan Agenda Wisuda Angkatan VI dan VII Tahun Akademik 2020/2021. Prosesi wisuda yang dilaksankaan di Aula Lantai 4 Gedung Rektorat Unmuh Babel,Rabu (27/01).
Dalam kegiatan wisuda yang digelar secara tatap muka terbatas mengingat masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19.

Prosesi wisuda ini dihadiri oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammmadiyah (PP), Prof. Dr.H.Achmad Nurmandi,M.Sc., Perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi ( LLDIKTI) Wilayah II Regional Sumbagsel, Nurjanah,S.E.,M.M.Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung, Dr.Naziarto,S.H.,M.H.

Sejumlah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Bangka Belitung juga terlihat hadir, seperti Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Babel, KH.Kamaruddin.AK (Via Zoom Meeting), Wakil PWM Bidang LAZISMU dan Majelis Pemberdayaan Masyarakat H.Sahirman Jumli, Wakil PWM Bidang Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) H.Samlawi Akhmad. Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unmuh Babel, KH.Hasan Rumata, Sekretaris BPH Unmuh Babel H.Warsangka.

Sekretaris Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Babel, Hj.Herlin, Wakil Pimpinan Bank Sumsel Babel Syariah (BSB) Cabang Pangkalpinang, Setyadi Wijaya, sejumlah Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bangka Belitung dan beserta tamu undangan offline maupun yang mengikuti kegiatan wisuda melalui aplikasi zoom meeting.

Kegiatan wisuda ini juga di ikuti para orang tua wisudawan melalui aplikasi zoom meeting yang telah disiapkan oleh panitia wisuda di sejumlah titik area Kampus Unmuh Babel. Melalui aplikasi zoom meeting para orang tua wisudawan juga dapat menyaksikan sejumlah peserta wisudawan/wisudawati angkatan VI dan VII terbaik yang berhasil meraih predikat cumlaude yakni atas nama Puput Mahdalena, dengan IPK, 3,84, Pajrul Iman IPK 3,81 dan Bella Dwi Bastari IPK 3,74.

Rapat Senat Terbuka Dengan Agenda Wisuda UNMUH Babel Angkatan VI dan VII secara resmi dibuka oleh Ketua Senat UNMUH Babel, Fadillah Sabri,S.T.,M.Eng dengan di dampingi sejumlah anggota Senat Unmuh Babel seperti Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kerjasama, Maulina Hendrik,M.Pd, Wakil Rektor Kemahasiswaan, AIKA dan Sistem Informasi,S.Sos.I Gatot Afrianto, Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNMUH Babel, Yuanita,M.Pd dan sejumlah anggota Senat lainya, para wakil dekan,Kaprodi, pegawai dan staf Unmuh Babel.

Rektor UNMUH Babel, Fadillah Sabri,S.T,M.Eng berpesan kepada para 151 wisudawan/wisudawati Angkatan VI dan Angkatan VII dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNMUH Babel, agar senatiasa menanamkan ke dalam dirinya untuk menjadi sarjana yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah. Berilmu untuk diamalkan dan beramal ilmiah dengan landasan ilmu yang dimiliki.

Kepada semua orang tua wisudawan yang hadir, ia menyebut atas nama civitas akademika sekaligus rektor Unmuh Babel. Melalui prosesi wisuda kali ini, sekaligus menjadi momentum bagi Unmuh Babel untuk mengembalikan para mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya di Unmuh Babel selama 4 tahun kepada para orang tua masing-masing dan kembali ke tengah-tengah masyarakat.

” Semoga Alloh SWT meridhoi semua ilmu dan bekal yang selama ini telah diberikan oleh para dosen kepada mahasiswanya , dapat menjadi bekal untuk mencapai kesuksesan yang lebih baik,” harap Fadillah Sabri.

Demikian pula bagi para dosen dan tenaga kependidikan Unmuh Babel akan mendapatkan ganjaran sebagai amal jariah.Sekaligus mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak, staekholder, mitra yang juga telah terlibat mensukseskan kegiatan ini. ” Semoga keberadaan Unmuh Babel terutama alumninya mampu memberikan pencerahan bagi Negeri Serumpun Sebalai serta Indonesia pada umumnya, “ tutup Fadilah Sabri.

Sekda Babel, Naziarto juga berpesan kepada seluruh peserta wisudawan/ wisudawati bahwa ilmu yang telah di dapat dari bangku kuliah haruslah diadobsi untuk diamalkan dimanapun berada. Sebab basic keilmuan hanya menjadi tolak ukur bagi seseorang yakni sebagai tuas pengungkit bagi keberahasilannya ke depan. Makanya ilmu yang terbaik adalah yang bisa diamalkan sebagai amaliah dan ilmu amaliah bisa dilakukan disegala lini. Sebab kalau seseorang tersebut bisa berbicara secara ilmiah, maka yang tidak ada pun harus bisa menjadi ada yang di dapat dengan proses berfikir yang senatiasa berkemajuan, kreatif dan inovatif.

Karenanya ia berharap proses berfikir dari lulusan Unmuh Babel ini pun juga harus terarah untuk bagaimana menjadikan kampus ini sebagai yang terdepan di Babel. Sebab hadirnya Unmuh Babel juga sekaligus telah menambah kebanggaan dan nuasan baru bagi masyarakat Babel di dalam hal pengabdian keilmuan.

”Dengan Adanya Unmuh Babel, berati sekarang di Babel ini juga bertambah lagi 151 sarjana, dan ini harus ikut menjadi modal dalam membangun Bangka Belitung dan mencapai posisinya di papan atas dari 34 provinsi,”tambahnya.

Sebagai perguruan swasta, Unmuh Babel harus berkiprah dan mampu bersaing dalam kualitasnya , supaya Unmuh Babel bisa menjadi universitas terdepan di kacah nasional khususnya di Babel. Karenanya menurut Naziarto, mahasiswa Unmuh Babel yang sudah di wisuda agar jangan cepat bangga dengan gelar sarjana yang sudah di dapat hari ini, sebab wisuda adalah sebuah titik awal tuas pengungkit.

”Jadilah sumber daya manusia yang kekinian, yang memiliki kerangka berfikir maju, untuk mencapai masa depan yang lebih baik termasuk dengan melalui peningkatan kompetensi diri dan jenjang pendidikan lanjutan S2,S3 hingga profesor, sebab ini akan jadi bekal untuk kita terus mampu dan siap bersaing bahkan sampai di tingkat internasional. Dan kami pemerintah Bangka Belitung pun akan siap mensupport,”tambahnya lagi.

Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammmadiyah (PP), Prof. Dr.H.Achmad Nurmandi dalam sambutannya secara virtual zoom meeting, juga mengajak para peserta Wisuda Angkatan VI dan VII Unmuh Babel untuk jangan cepat puas dan bangga dengan gelar sarjana yang telah disandang.

”Setelah resmi diwisuda, maka selanjutnya adalah akan kembali lagi ke tengah-tengah masyarakat. Untuk itu tetaplah dengan kesadaran diri untuk terus belajar. Apalagi sekarang ini media pembelajaran yang bisa di pilih sudah begitu beragam dengan kecanggihan teknologinya, sehingga begitu sangat membantu dan memudahkan dimanapun dan kapan pun,”ujarnya.

Prof. Nurmandi juga mendoakan kepada Rektor Unmuh Babel, Fadillah Sabri agar semakin sukses memimpin dan membawa kampus Unmuh Babel mencapai cita-citanya sebagai Kampus Berkemajuan dan Mencerahkan.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.