Enter your keyword

post

Bappeda Bangka & KKN UNMUH Babel, Siap Sinergi Tangani Dampak Pandemi

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangka, Dr. Darul Arqom, M.Si mengaku siap untuk bersinergi dan saling berkolaborasi dengan program-program yang di gagas oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Fadilah Sabri, S.T.,M.Eng, oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) beserta jajaran lainnya. Hal ini disampaikan Darul Arqom disela-sela memberikan kata sambutan dalam acara pelepasan KKN UNMUH Babel Angkatan Ke-1 Tahun Akademik 2020/2021, secara virtual zoom meeting, Senin(25/01) kemarin.

Darul menyebut, tak bisa di pungkiri bahwa pandemi covid-19 telah memberikan dampak pelemahan ke semua bidang kehidupan masyarakat, kesehatan, ekonomi dan pendidikan. Oleh karena itu, Darul mengaku menyambut baik atas insiatif UNMUH Babel untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan Ke-1 Tahun Akademik 2020/2021.

Ia berharap KKN ini akan bisa menjadi semacam sinergitas antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga tingkat desa dengan perguruan tinggi termasuk UNMUH Babel, sekaligus mampu memberikan solusi-solusi dalam proses untuk meningkatkan pembangunan khususnya di pedesaan.

Sebab desa merupakan lokus atau tempat penggerakan terkecil dari pembangunan yang dilaksanakan oleh pemkab, pemkot maupun pemprov hingga negara.Tetapi muara persoalan sebuah pembangunan juga terdapat di lokus terkecil ini.

”Sebab jika di desa mampu kita tangani dengan baik berbagai persoalnnya, maka persoalan pada tingkat yang lebih tinggi kabupaten/ kota/ provinsi bahkan negara pun terkait persoalan dari seluruh pendidikan, kesehatan, politik, sosial juga akan mampu terselesaikan dengan baik,”nilainnya.

Karenanya ia menilai bahwa tema KKN UNMUH Babel ”Agen Perubahan Balik Kampung, Berkontribusi Dalam Percepatan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Era New Normal” sangatlah tepat. Sebab arahnya memang untuk menjadikan desa sebagai lokus yang terbaik melalui berbagai kegiatan dan proses pengabdian yang dilaksanakan oleh UNMUH Babel.

”Kami siap mendukung langkah-langkah yang dilakukan UNMUH Babel,sehingga diharapkan pula dalam proses pelaksanaannya program atau agenda tersebut juga dapat dikolaborasikan dengan program-program pemerintah kabupaten/kota maupun provinsi yang ada di Babel,”harapnya.

Dengan sinergitas yang baik dan kuat antara perguruan tinggi dengan pemerintah pula, akan mampu membantu menyelesaikan berbagai persoalan mendasar baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lainnya.

“Kami siap membantu memfasilitasi teman-teman peserta KKN UNMUH Babel , dan jika ada persoalan di lapangan, maka kita bisa saling komunikasi, saling koordinasi hingga ke tingkat pemerintahan setingkat desa atau kelurahan,”ajaknya.

Ia juga berharap, para peserta KKN UNMUH Babel Angkatan Ke-1 Tahun Akademik 2020/2021 dapat memaksimalkan kesempatan ini sebagai pengalaman dan belajar menangani situas sosial yang terjadi di tengah masyarakat terlebih di tengah pandemi covid-19. Sebab KKN juga menjadi tahapan penting, sebelum para mahasiswa menjadi alumni-alumni atau cendekiawan yang dihasilkan oleh UNMUH Babel.

“Mudah-mudahan ini menjadi proses awal bagi teman-teman mahasiswa untuk mampu terus mengasah kemampuan intelektual, skill , berinovasi dan terus berkreatifitas, sehingga teori-teori yang di dapatkan di luar ruang kuliah, perpustakaan maupun ruang-ruang kerangka berpikirnya akan bisa memberikan manfaat dalam membantu persoalan-persoalan khususnya di tingkat desa dan keluharan,”dorongnya Darul lagi.(Humas/UNMUH Babel)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.