Enter your keyword

post

78 Mahasiswa FKIP UNMUH Babel Resmi di Yudisium dan Diwisuda 27 Januari 2021

Dekan FKIP : Teruslah Bernafas Dengan Al- Islam dan Kemuhadiyahan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (UNMUH Babel) dengan Program Studi (S-1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),Program Studi (S-1) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Program Studi(S-1) Pendidikan Matematika dan Program Studi (S-1) Pendidikan Bahasa Inggris, sukses menyelenggarakan Yudisium Angkatan-1 UNMUH Babel Tahun Akademik 2020/2021 , Rabu(20/01) secara virtual meeting zoom. Adapun prosesi wisuda akan dilaksanakan pada 27 Januari 2021 di Aula Gedung Rektor UNMUH Babel.

Dihadapan seluruh jajaran pejabat FKIP UNMUH Babel lainnya dan staf dari masing –masing prodi di FKIP UNMUH Babel dan peserta Yudisium, Dekan FKIP UNMUH Babel, Yuanita, M.Pd dalam sambutannya menyebutkan bahwa peserta Yusidium atau pengukuhan calon wisudan/ wisudawati UNMUH Babel Angkatan-1 Tahun Akademik 2020/2021 ini masing-masing berjumlah 53 orang dari program studi PGSD dan Program Studi PJKR berjumlah 25 orang.

Yudisium ini juga merupakan bagian dari proses pengukuhan kelulusan bagi mahasiswa yang sudah memenuhi syarat dan siap menjadi calon sarjana. “Yudisium sama seperti layaknya ijab kabul dalam sebuah pernikahan, sehingga moment semacam ini adalah sakral. Dan ini juga merupakan yudisium pertama setelah kita berubah bentuk dari STKIP menjadi UNMUH Babel,”jelasnya.

Dosen ramah yang satu ini juga memberikan pandangannya bahwa saat ini kita sudah memasuki sebuah era disrupsi. Yakni sebuah perubahan yang terjadi diberbagai bidang termasuk bidang pendidikan hingga tantangan angkatan kerja bagi sarjana muda yang semakin kompetitif. Sebab era digitaliasi yang begitu masif dan sangat cepat telah memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk untuk menggali pengetahuan dan belajar melalui teknologi.

”Namun demikian tentu era digitalisasi tersebut juga memiliki keterbatasan meskipun melalui teknologi semua orang dapat memperoleh pengetahuan kognitif atau potensi intelektualnya maupun keterampilannya secara lebih cepat, tetapi tidak bisa menggantikan kepribadian guru yang baik dan etika yang diajarkan seorang guru kepada muridnya dengan sebuah mesin,”ujarnya.

Yuanita juga berharap di tengah terjadinya era revolusi pendidikan dan perkembangan zaman yang pesat dan cepat ini, namun sumber daya manusia (SDM) guru yang di cetak oleh UNMUH Babel harus siap dan dituntut menjadi seorang guru yang mampu menjadi mentor, menjadi fasilitator, menjadi motivator dan menjadi inspirator.

Karena tugas dan peran seorang guru adalah juga memberikan imajinasi kepada siapa saja yang didiknya dengan mengedepankan kreativitas, pembentukan karakter positif, dan solid membanggun tim kerja sebagai modal kesiapan di dalam menghadapi tantangan yang yang tentu semakin lebih berat pada saat zamannya nanti.

“Kami atas nama keluarga besar FKIP UNMUH Babel sekali lagi mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh peserta yudisium yang telah menyelesaikan studinya dengan baik, meskipun ada yang baru menyelesaikan dalam durasi waktu studi 3 sampai 4 tahun,”ujarnya lagi.

Semoga dengan suka duka selama menempuh proses pendidikan di bidang akademik maupun non akademik di UNMUH Babel akan dapat memberikan pengalaman yang tidak terlupakan dan bekal untuk siap menatap masa depan lebih baik bagi seluruh alumi UNMUH Babel.

Yuanita juga mengapresiasi kepada 2 orang mahasiswa Yudisium Angkatan-1 UNMUH Babel Tahun Akademik 2020/2021 terbaik yakni atas nama Puput Mahdalena dari Prodi PGSD dengan IPK sementara 3,84 dan Pajrul Iman dari Prodi PGSD dengan perolehan IPK sementara 3,81. Ia berharap semoga seluruh pengalaman dan ilmu pengetahuan yang telah di peroleh para lulusan semakin membawa keberkahan dan kebermanfaatan yang lebih baik, saat sudah kembali ke tengah masyarakat.

“Semoga pengukuhan atau yudisium mahasiswa UNMUH Babel ini akan menjadi bekal untuk dunia dan akhirat, karena ayo kita semangat dan sebarkan terus kebaikan, nilai-nilai kebenaran dan kejujuran , dengan nilai-nilai keadilan yang Islamic sesuai tutunan Al-Qur`an dan Al-Hadist,”ajaknya.

Ditambahkan Yuanita, identitas Kampus UNMUH Babel yang senantiasa bernafaskan Al Islam dan Kemuhadiyahan adalah hal utama yang sangat ditekankan kepada seluruh mahasiswa maupun sudah menjadi lulusan UNMUH Babel. Identitas ini senantiasa diterapkan dalam tes toefl prodi Pendidikan bahasa inggris (PBI), suka duka dalam belajar ilmu Al-Quran dan banyak lagi lainnya.

“Mari senantiasa cintai Almamater seperti layaknya mencintai keluarga sendiri dan orang-orang terdekat lainnya. Sebab yakinlah bahwa dengan kekuatan cinta dari para alumni yang tersebar di berbagai wilayah di Babel, dan tetaplah bernafas dalam Al-Islam dan Kemuhamadiyahan,”pintanya lagi.

Diharapkan pula hal ini juga bisa menjadi modal dan semangat bagi kami untuk terus membangun kampus ini menjadi kampus Pioner, karena branding kita adalah Pioner yakni profesional, inovatif, optimis dan enterprenuer. Sehingga ke depan UNMUH Babel juga akan semakin menjadi lebih baik, berkualitas, berkemajuan dan mencerahkan.

”Dharmabakti teman-teman para sdm lulusan UNMUH Babel tentu telah ditunggu oleh agama, masyarakat bangsa dan negara ini. Sebab itu, jangan pernah berhenti untuk terus belajar dimana pun kaki berpijak.Kami juga terus mendorong para lulusan UNMUH Babel untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga ke depan kita akan mampu menjadi sumberdaya manusia (SDM) yang unggul berlandaskan idelisme Keislaman dan Kemuhadiyahan yang akan terus bersemangat mengejar amar makruf nahi mungkar, berfastabiqulkhoirot,”dorongnya lagi.(Humas/UNMUH Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.