Enter your keyword

post

KKN UNMUH Babel, Itu Artinya Juga Berdakwah

Rektor Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Bangka Belitung, Fadilah Sabri,sT.M.Eng terus mendorong dan memotivasi seluruh komponen civitas akademik UNMUH Babel untuk terus mampu memberikan kontribusi, peran dan karya-karya terbaiknya bagi kemajuan kampus tercinta. Termasuk pula mentrasper ilmu dan amal kepada kepentingan agama, masyarakat bangsa dan negara. Dorongan ini sekaligus pula ditujukan oleh Rektor UNMUH Babel bagi para mahasiswa UNMUH Babel yang akan melaksanakan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2020/2021.

Dalam momentum acara Pembekalan Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Ke-1 UNMUH dengam tema .” Agen Perubahan Balik Kampung, Berkontribusi Dalam Percepatan Penanganan Dampak Covid-19 Di Era New Normal”. Yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNMUH Babel selaku panitia dan penanggungjawab KKN UNMUH Babel, Sabtu( 16/01). Pembekalan ini juga dihadiri oleh seluruh peserta KKN Tahun Akademik 2020/2021 secara Via Zoom Meeting.

Sekaligus juga dihadiri para pembicara seperti, Kepala BPBD Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa,A.Ks.,M.Si, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, Dr.Hastuti, M.Sc, Ketua BPH UNMUH Babel,Dr.H.Hasan Rumata dan Ketua BPC HIPMI Kota Pangkalpinang, Muhammad Dwiki Saddam Roesli.

Rektor UNMUH Babel menyebut bahwa pelaksanaan KKN UNMUH Babel Tahun Akademik 2020/2021 memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan kondisi yang masih berada di tengah pandemi covid-19, sehingga para mahasiswa peserta KKN melaksanakan di daerah masing-masing.

”Mengingat kondisi pandemi covid-19, maka tahun ini tema yang diangkat oleh LPPM UNMUH Babel selaku penanggungjawab KKN Akademik 2020/2021 adalah Kembali ke Agent Pulang Kampung. Dan tema hemat saya sangat selaras, sebab memang pelaksanaan rangkaian aktivitas KKN tahun ini lebih dikosentrasikan di daerah masing-masing,”ujarnya.

Rektor UNMUH Babel yang satu ini menyebut topik yang diambil tersebut bagus bagi mahasiswa, karena memang KKN adalah bagian dari proses pembelajaran, KKN merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswasebelum menyelesaikan tugas akhir penyusunan skripsi dan sidang komprehensif. Terlebih di tengah kondisi pandemi covid-19, maka diharapkan para peserta dapat mengaktualisasikannya diri dan perannya dalam membantu masyarakat atau berkontribusi dalam Percepatan Penanganan Dampak Covid-19 Di Era New Normal.

“Dengan kondisi angka kasus covid yang masih terus bertambah ini, sehingga kegiatan KKN terbatas khususnya di daerah masing-masing dimana para mahasiswa peserta KNN tersebut berasal dari semua daerah yang ada di kabupaten/kota se Bangka Belitung, dan sekali mereka kita minta untuk ikut berkontribusi di dalam berbagai upaya percepatan penanggulangan dampak covid-19”ujarnya lagi.

Rektor UNMUH Babel juga mengapresiasi dan memotivasi para mahasiswa peserta KKN Tahun Akademik 2020/2021 khususnya untuk konsisten melaksanakan kegiatan KKN ini. Sebab mahasiswa adalah agent perubahan di dalam melakukan ikhtiar pemberdayaan yang lebih baik bagi masyarakat.

Menurut dia, di dalam upaya atau ikhtiar pemberadayaan masyarakat tersebut, maka ada 3 hal yang harus mampu di pahami dengan baik dan kemudian dilaksanakan. Sebab ber KKN sebetulnya sama dengan berdakwah.

”Laksanakanlah KKN ini agar mampu mencerahkan bagi masyarakat, sebab KKN yang mencerahkan sama halnya juga dengan berdakwah untuk membebaskan masyarakat dari semua belenggu, seperti belenggu ekonomi, belenggu kemiskinan dan sebagainya , pembebasan diri, memberdayakan masyarakat dan tetap memotivasi untuk memajukan kehidupan mereka di tengah menghadapi pandemi covid-19, yang sudah sangat memukul disegala sekmen kehidupan masyarakat kita”tandasnya.

Tokoh pendakwah Bangka Belitung yang satu ini juga berharap mahasiswa UNMUH Babel termasuk peserta KKN Tahun Akademik 2020/2021 dapat mengamalkan nilai-nilai dasar yang dimiliki UNMUH Babel. Yakni Nilai KeIslaman, Nilai KeIndonesian, Nilai Kekinian, Nilai Kedisinian dan Nilai Kemasadepanan.

“Dengan senantiasa juga mengharapkan rahmat Alloh SWT, InshaaAlloh dan kita semua saya yakin kalau 5 nilai dasar ini sudah mampu diterapkan dengan baik oleh mahasiswa dan ditularkan kepada masyarakat, maka KKN kita akan semakin berkualitas dan apa yang kita capai bisa terlaksanaka sesuai dengan yang kita cita-citakan bersama,”dorong lagi penuh optimis.(HUMAS/UNMUH Babel)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.