Enter your keyword

post

Sri : Membaca & Mengupgrade Pengetahuan Itu Wajib

Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Bangka Belitung, Sri Sugiarti menilai bahwa kunci utama untuk sukses menghasilkan hasil sebuah karya tulis yang berkualitas juga sangat tergantung dari banyaknya referensi bacaan yang telah di jalani oleh individu tersebut. Sebab kalau orang yang mau menulis, tetapi tidak pernah membaca, tentu ini akan menjadi kendala di dalam menuangkan ide-ide yang akan ditulisnya.Yang ada sebaliknya akan kehabisan bahan, tulisannya tidak hidup , yang di tulis akan kaku dan hanya itu-itu saja.

“aka dari itu yang namanya mengupgrade pengetahuan itu adalah wajib agar tulisan-tulisan kita semkain berwarna dan bermakna,”sebut perempuan yang akrab disapa Sri ini disela-sela memberikan motivasi pentingnya membaca kepada para siswa SMA Negeri 1 Puding Besar yang berkunjung ke Perpustkaan UNMUH Babel belum lama ini.

Ia juga berharap kehadiran Perpustkaan UNMUH Babel khususnya ke depan juga akan dapat dimanfaatkan lebih baik tidak saja oleh internal kampus tetapi juga pihak lainnya untuk saling bekerjasama dan semakin menambah khasanah pengetahuan melalui budaya banyak dan rajin membaca buku.

“Mudah-mudahan ke depan kita bisa saling menjalin kerjasama yang lebih baik, tidak hanya sekedar saling mengunjungi tetapi juga bisa kerjasama dalam berbagai kegiatan,”tambahnya lagi.

Kepala Sekolah SMAN 1 Puding Besar Ali Akbar juga mengaku, bahwa di sekolahnya juga membuat program pengembangan pengetahuan melalui perpustakaan sekolah termasuk dalam hal tata kelola perpustkaan yang semakin lebih baik ke depannya. Karena itu pihaknya pun juga melaksanakan kegiatan kunjungan ke berbagai perpustakaan, termasuk dua diantaranya adalah Kantor Dinas Kearsipan & Perpustakaan Provinsi Bangka Belitung serta Perpustakaan UNMUH Babel.

”Jadi memang ada 2 tempat yang telah kita kunjungi yakni Perpustakaan UNMUH Babel dan Kantor Arsip dan Perpustakaan Provinsi Bangka Belitung bahkan kami juga sudah melakukan talkshow di dalam pengelolaan perpustakaan dimasa pandemi,”ujar Sri lagi.

Ali Akbar menyebut pihaknya juga terus berupaya menumbuhkan minat dan cinta budaya membaca yang lebih baik kepada seluruh warga sekolah SMAN 1 Puding Besar baik guru maupun siswa. Untuk penumbuhan minat baca dan kegiatan literasi di sekolah juga dilakukan pola wajib membaca 15 menit sebelum memulai pembelajaran.

Hal ini dilakukan guna memotivasi kepada siswa agar bukan hanya bisa membaca tapi juga bisa menulis dengan baik. Termasuk gurunya juga kita dituntut untuk memberikan tauladan yang baik bagi para siswa dalam hal pentingnya menambah khasanah pengetahuan melalui sumber-sumber bacaan mencerdaskan. (Humas/UNMUH Babel)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.