Enter your keyword

post

Dr.Reniati : Optimistis, Tapi Ada Prasyarat Wajib Hadapi 2021

Pakar Ekonomi dan Sosial Provinsi Bangka Belitung (UBB), Dr. Reniati, S.E., M.Si menilai sebetulnya ada sedikit optimisme menghadapi tahun 2021, akan tetapi hal ini juga harus dilaksanakan dengan 1 prasyarat wajib yaitu menerapkan prosedur-prosedur protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang ketat untuk menghadapi covid-19, perlunya kebijakan-kebijakan pemerintah dalam rangka percepatan fiskal berupa anggaran-anggaran pemerintah. Sebab saat ini yang memiliki dana adalah pemerintah sedangkan masyarakat dalam kondisi mengalami penurunan daya beli, karena pendapatannya berkurang akibat pandemi covid-19.

“Jadi program-program dari pemerintah itu harus dipercepat mulai tahun depan, jangan hanya fokus di akhir tahun, kemudian yang kedua juga terkait dengan bagaimana meningkatkan daya beli masyarakat,”ujar istri dari Rektor Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Bangka Belitung, Fadilah Sabri ini.

Pengurus Wilayah Aisyiyah (PWA) Provinsi Bangka Belitung ini juga menyebut bahwa semua ini tentunya juga harus dibuat melalui program-program yang inovatif dan kreatif dari pemerintah sehingga ,sehingga masyarakat tidak hanya menunggu bantuan, tetapi masyarakat dapat menggerakkan pendapatan ekonominya di sektor tersebut , terutama melalui program umkm digitalisasi, sehingga bisa menjemput pendapatannya lebih cepat dari offline.

“Harapan akan segera adanya vaksin covid-19 juga tergantung dari trust masyarakat , di sisi ini pemerintah juga harus mampu menyakinkan bahwa vaksinnya itu tidak hanya gratis, tetapi juga aman untuk masyarakat , halalan dan jaminan dari BPOM sebagai lembaga negara yang di berikan kewenangan oleh pemerintah juga sangat ditunggu,”tambah wanita yang juga seorang peniliti ini.

Vaksin covid-19 saat ini memang terus dalam tahap pengkajian oleh pihak terkait sebelum di terapkan kepada publik atau masyarakat. Disamping itu fungsi edukasi juga harus ikut diberikan kepada masyarakat.”Kita bisa melihat pro dan kontra yang terjadi di tengah masyarakat saat ini terhadap vaksin ini, karenanya hemat kami bahwa pemerintah memiliki tugas besar untuk menyakinkan masyarakat terutama bagi kaum muslim bahwa vaksin tersebut aman dan halal,”dorong Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung ini .(Humas/UNMUH Babel)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.