Enter your keyword

post

Prodi KSDA Kunjungi Stasiun Klimatologi IV BMKG Koba

Program Studi Konservasi Sumber Daya Alam (Prodi KSDA), Fakultas Teknik dan Sains (FTS), Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (UNMUH BABEL) mengadakan kegiatan kunjungan lapangan / fieldtrip ke Stasiun Klimatologi (STAKLIM) IV BMKG Koba, Bangka Tengah yang diikuti oleh 21 mahasiswa/i Prodi KSDA Angkatan 2020.
Kegiatan yang dikoordinir oleh Dosen Tetap Prodi KSDA Hendi Hendra Bayu, S.P., M.Si., didampingi oleh Sulaiman (Admin FTS UNMUH BABEL) menyebut bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa/i terutama terkait peralatan klimatologi di STAKLIM IV BMKG Koba.
Rombongan fieldtrip tiba di STAKLIM IV BMKG Koba pada pukul 09.15 WIB. Sebelum masuk ke areal stasiun, rombongan menjalankan Protokol Covid-19 yakni memakai masker dan mencuci tangan, serta diperiksa suhu tubuhnya. Setelah itu, rombongan diterima langsung dengan ramah oleh Perwakilan Kepala STAKLIM IV BMKG Koba, yaitu Bapak Jerry dan tim observer.
Sebelum turun ke Taman Cuaca, seluruh mahasiswa/i KSDA diberikan kuliah umum terlebih dahulu diruang rapat oleh tim observer berupa pengenalan STAKLIM IV BMKG Koba, pengenalan peralatan klimatologi yang ada di Taman Cuaca, proses terjadinya awan dan hujan dalam suatu hamparan daerah, dan diakhiri dengan diskusi mahasiswa/i Prodi KSDA dengan tim observer.
Selesai kuliah umum, tim observer langsung mengarahkan mahasiswa/i Prodi KSDA ke Taman Cuaca dan menjelaskan fungsi dan cara kerja peralatan klimatologi yang ada di taman tersebut. Akhir dari fieldtrip, rombongan melakukan foto bersama dengan pihak STAKLIM IV BMKG Koba.
“Ke depan, fieldtrip ke STAKLIM IV BMKG Koba ini akan menjadi kegiatan rutin tiap tahunnya agar tiap angkatan mahasiswa/i Prodi KSDA bisa merasakan senangnya berkunjung ke Taman Cuaca, serta mendapatkan pengalaman dan wawasan tentunya” jelas Hendi.(***)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.