Enter your keyword

post

LLDIKTI Wilayah II Gandeng UNMUH Babel Ciptkan Lulusan Berintelektual & IMTAQ

LLDIKTI Wilayah II Gandeng UNMUH Babel

Ciptkan Lulusan Berintelektual IMTAQ

  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II melaksanakan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Bangka Belitung, Senin(07/20). Ketua Bidang Akademik Kemahasiswaan LLDIKT Wilayah II, Sunarto yang sekaligus menjadi ketua rombongan dalam kunjungan kali ini menyebut bahwa LLDIKTI Wilayah II melakasanakan kegiatan ini dalam rangka silaturahmi sekaligus pemantauan program akademik dan kemahasiswaan yang telah dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung seperti Uang Kuliah Tunggal (UKT), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Penelitian Dosen, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan sebagainya.

“Kita berharap  agar informasi-informasi penting akademik  dan kemahasiswaan semacam ini tidak hanya disampaikan atau pengumuman melalui websiste tetapi juga tetap perlu disampaikan secara manual sehingga akan lebih banyak  orang yang mengetahui informasi tersebut,”ujarnya.

Sunarto juga mencontohkan, mislanya  untuk program pelaksanaan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah diberikan untuk mahasiswa semester 1  yang baru masuk dan  dikatergorikan memiliki  keterbatasan dibidang ekonomi tetapi memiliki keunggulan di bidang akademik dan  terdampak dari covid-19.

”Program-program ini merupakan program dari kementerian pendidikan tinggi yang disalurkan melalui LLDIKTI, karena itu melalui pemantauan yang kita lakukan ini, maka diharapkan nanti pada pelaksanaannya nanti  tidak  di temukan adanya hal-hal yang di luar atau terdapat pelanggaran,”sebutnya.

Dengan melakukan pemantauan yang dilakukan LLDIKTI supaya ketentuan-ketentuan atau kebijakan yang ada di kampus dapat dilakukan sesuai dengan pedoman yang ada. Sebab kebijakan LLDIKTI  adalah perpanjangan dari pusat jadi.

“Sekali lagi dengan KIP maka kita ingin ini bisa mendorong kepada mahasiswa yang memang kurang mampu agar  bisa kuliah ,sehingga bisa memutus mata rantai  keterbelakangan  termasuk kemiskinan,”dorongnya.

Dalam rangka mendukung program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar yang juga di canangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka artinya ini bagi para lembaga pendidikan termasuk lembaga pendidikan tinggi untuk  mempersiapkan pelaksanaan kurikulum, sistem pembelajaran dan sebagainya dengan sebaik-baiknya.

”Semua harus dipersiapkan dulu, pembelajarannya seperti apa dan sebagainya, biar di pelaksanaanya tidak menyalahi aturan dan tentu saja juga  perlu kerjasama dengan instansi lain,  perguruan tinggi lainnya, sebab kalau sudah disiapkan dengan baik, maka juga yakin hasilnya juga akan positif dalam memajukan pendidikan di Indonesia khususnya juga di Bangka Belitung,”dorong Sunarto lagi.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Fadilah Sabri yang juga didampingi
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, AIK dan Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Bangka Belitung Gatot Aprianto, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama UNMUH Babel Maulina Hendrik, Kabag Humas dan Kerjasama UNMUH Babel Zuriat Ifada dan jajaran lainnya. Ia juga mengaku menyambut baik atas kunjungan yang dilakukan Tim LLDIKTI Wilayah II ke UNMUH Babel.

Ia berharap kehadiran LLDIKTI dapat pula terus membina dan fungsi pelayanannya Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Sebab dampak dari hal ini adalah guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada  guru, dosen dan masyarakat sehingga akan semakin mempercepat cita-cita pembangunan dan mencerdaskan kehidupan umat dan bangsa.

”Saya berharap bersama LLDIKTI Wilayah II ini, maka akan banyak hal yang dapat kita kerjakan bersama demi kemajuan dunia pendidikan yang kita cintai ini. Karenanya kami juga arahan untuk terus meningkatkan kinerja kami di UNMUH Babel khususnya,”tambahnya.

Fadilah Sabri juga menyebut bahwa salah satu amanah sekaligus kontrak kerja yang harus dituntakan oleh UNMUH Babel adalah melaksanakan tugas penelitian dan pengabdian kepada umat, masyarakat, bangsa dan negara.

” Untuk di UNMUH Babel sendiri tentu saja dari sisi dana juga sudah kita siapkan, namun yang juga selalu kita tekankan dalam setiap penilitian maupun pengabdian kepada masyarakat  harus juga mengedepankan tentang kajian kemuhammadiyahan dan keislaman, sebab tujuan kita adalah tidak saja menciptkan insan yang intelektual  tapi juga insan yang memiliki kualitas Iman dan Taqwa yang kokoh,”harap Ustad Fadilah Sabri.(liya)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.